My Rainbow Dreams

Just Blogger Templates

Rabu, 16 November 2011

PERILAKU ETIKA DALAM BISNIS

SOAL
1.Bagaimana pendapat saudara tentang pernyataan “Kompetisi Lambang Ketamakan” ?
2.Berikan contoh Penerapan Moral dalam dunia bisnis diera pasar bebas saat ini(min5)?
3.Sebutkan contoh dari situasi benturan kepentingan dalam dunia bisnis ( min 4 dari 8 kategori )?

JAWAB
1.Kompetisi Lambang Ketamakan Adalah sebuah sebuah konsep bahwa mereka yang berhasil adalah yang mahir menghancurkan musuh-musuhnya dalam dunia bisnis, menurut saya konsep tersebut tidak sepantasnya diterapkan karena tidaklah mencerminkan penerapan moral atau etika yang seharusnya ada atau dimiliki oleh mereka yang terlibat didalam dunia bisnis karena konsep tersebut dapatlah menjadikan seseorang untuk terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dengan cara apapun baik itu positif maupun negative, yang bisa merugikan orang lain bahkan bisa menjatuhkan dirinya sendiri. Apalagi dalam dunia bisnis di Era Pasar Bebas saat ini, persaingan yang semakin kuat antar pebisnis, membuat pebisnis menerapkan kompetisi lambang ketamakan tersebut untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnnya karena saat ini perdagangan dunia yang lebih bebas dimasa mendatang justru mempromosikan kompetisi yang juga lebih bebas. Lewat ilmu kompetisi ini kita dapat merenungkan, membayangkan eksportir kita yang ditantang untuk terjun ke arena baru yaitu pasar bebas dimasa mendatang. Kemampuan berkompetisi seharusnya sama sekali tidak ditentukan oleh ukuran besar kecilnya sebuah perusahaan. Inilah yang sering dikonsepkan berbeda oleh penguasa kita.

2.contoh Penerapan Moral dalam dunia bisnis diera pasar bebas
•Pengendalian diri
mampu mengendalikan diri mereka masing-masing untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun. Disamping itu, pelaku bisnis sendiri tidak mendapatkan keuntungan dengan jalan main curang dan menekan pihak lain dan menggunakan keuntungan dengan jalan main curang dan menakan pihak lain dan menggunakan keuntungan tersebut walaupun keuntungan itu merupakan hak bagi pelaku bisnis, tetapi penggunaannya juga harus memperhatikan kondisi masyarakat sekitarnya
•Mampu menyatakan yang benar itu benar
pelaku bisnis itu memang tidak wajar untuk menerima kredit karena persyaratan tidak bisa dipenuhi, jangan menggunakan "katabelece" dari "koneksi" serta melakukan "kongkalikong" dengan data yang salah. Juga jangan memaksa diri untuk mengadakan “kolusi" serta memberikan "komisi" kepada pihak yang terkait.
•Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
etika bisnis anti perkembangan informasi dan teknologi, tetapi informasi dan teknologi itu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kepedulian bagi golongan yang lemah dan tidak kehilangan budaya yang dimiliki akibat adanya tranformasi informasi dan teknologi.
•Menumbuh kembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah disepakati
memberikan suatu ketentraman dan kenyamanan dalam berbisnis.
•Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi)
pelaku bisnis sudah mampu menghindari sikap seperti ini, kita yakin tidak akan terjadi lagi apa yang dinamakan dengan korupsi, manipulasi dan segala bentuk permainan curang dalam dunia bisnis ataupun berbagai kasus yang mencemarkan nama bangsa dan negara.
•Menciptakan persaingan yang sehat
Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah, dan sebaliknya, harus terdapat jalinan yang erat antara pelaku bisnis besar dan golongan menengah kebawah, sehingga dengan perkembangannya perusahaan besar mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya. Untuk itu dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam dunia bisnis tersebut

3.Contoh situasi benturan kepentingan dalam dunia bisnis :
•Segala kepentingan pribadi yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan
Pada saat seorang karyawan suatu perusahaan yang mendapatkan tugas keluar kota dengan mengajak serta keluarganya ikut dalam perjalanan tersebut karena memiliki waktu yang cukup luang disela-sela tugas yang harus dilaksanakannya
•Segala penerimaan dari keuntungan , dari seseorang / organisasi / pihak ketiga yang berhubungan dengan perusahaan
Menerima bingkisan dari seorang klien yang ditunjukan untuk pegawainya bukun untuk perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja
•Segala hubungan bisnis atas nama perusahaan dengan personal yang masih ada hubungan keluarga (family) atau dengan perusahaan yang dikontrol oleh personal tersebut
Seorang karyawan di suatu perusahaan memasukkan anggota keluarganya untuk dapat menempati suatu posisi di perusahaan tersebut tanpa harus melewati tahapan recruitment seperti para pencari kerja lainnya
•Segala penggunaan pribadi maupun berbagai atas informasi rahasia perusahaan demi suatu keuntungan pribadi, seperti anjuran untuk membeli atau menjual barang milik perusahaan atau produk, yang didasarkan atas informasi rahasia tersebut
Seorang karyawan disuatu perusahaan membocorkan rahasia perusahaan kepada temannya yang berkerja disuatu perusahaan yang bergerak dibidang usaha yang sama

0 komentar:

Posting Komentar